Pengenalan Database dan DBMS

Basis data atau sering disebut juga database adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis didalam computer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi.pendefinisian database meliputi beberapa spesifikasi yaitu berupa struktur data, tipe data, dan batasan batasan data yang akan disimpan dalam database.
Basis data atau database merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah sistem informasi karena basis data digunakan sebagai tempat penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Selain itu basis data juga berfungsi untuk menghindari duplikasi data atau data yang sama, menghubungkan beberapa data yang saling terhubung antar data, dan menghindari hubungan antar data yang tidak jelas.

Proses memasukkan dan mengambil data dari media penyimpanan data disebut dengan sistem manajemen basis data atau disebut (database manajemen system | DBMS). DBMS merupakan suatu perangkat lunak yang memungkinkan user (pengguna) untuk membuat, memelihara, mengontrol, dan mengakses database secara praktis  dan efisien. Dengan DBMS, user atau pengguna akan lebih mudah dalam mengontrol dan memanipulasi sebuah data.

Ada pula sebuah perangkat lunak yang disebut RDBMS atau Relationship Database Management System yang merupakan salah satu jenis DBMS yang mendukung adanya relationship atau hubungan antar tabel. Selain RDBMS terdapat jenis DBMS lain, misalnya Hierarchy DBMS, Object Oriented DBMS, dsb.

Beberapa software atau perangkat lunak DBMS yang sering digunakan dalam memproses sebuah database antara lain :
- Microsoft SQL Server
- Oracle
- Sybase
- Firebird
- MySQL
- Interbase
- PostgreSQL, dsb.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengenalan Database dan DBMS

0 comments:

Post a Comment